Kebersihan Lingkungan

Saturday, March 27, 2010

By: RIZKI HARDIYANTI (XI IPA I)
Medan, Jumat 5 Maret 2010
Pada kenyataannya, saya sedih ketika saya melihat banyaknya orang yang tidak sadar akan kebersihan lingkungannya, mereka hanya membuang sampah sembarangan dengan tidak adanya perasaan bersalah. Dan lingkungan menjadi kotor dan kita dapat melihat sampah- sampah di sekitar kita, yaitu di sekolah, kantor, ataupun di jalan raya. Sampah membuat pemandangan kota menjadi tidak indah dan juga sampah bisa menyebarkan wabah penyakit bagi manusia. Krisis lingkungan saat ini sudah sedemikian besar sehingga untuk mengatasinya perlu ditingkatkan kesadaran semua pihak. Untuk mengatasi krisis tersebut marilah kita kembangkan gaya hidup yang merusak lingkungan atau tidak ramah pada lingkungan. Akibat dari tidak ramahnya kita kepada lingkungan yaitu terjadinya banjir, tanah longsor dan malapetaka lainnya yang merusak alam dan kehidupan manusia serta makhluk lainnya.

Jadi, siapa orang yang dapat memberi tahu kita akan lingkungan yang bersih? Manusia adalah bagian dari lingkungan karena manusia membutuhkan lingkungan untuk hidup. Dan kita harus sadar bahwa suatu hari sumber daya alam kita akan langka. Maka dari itu, kita harus jaga dan rawat lingkungan kita dengan sebaik- baiknya untuk menyelamatkan bumi kita dari kehancuran.

Solusinya adalah kita harus sadar akan lingkungan kita. Terutama para pelajar, haruslah memiliki kebiasaan yang baik untuk lingkungan kita seperti buang sampah pada tempatnya. Itu adalah hal yang sepele bagi kita tapi itu sangat berguna bagi lingkungan kita. Dan jangan lupa untuk selalu bergotong royong dalam membersihkan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Dimulai dengan adanya kemauan dan kebiasaan di dalam diri untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Cara lain untuk menjaga lingkungan kita selalu bersih indah dan segar yaitu kita bisa menanami tanaman di rumah ataupun di sekolah kita. Kita rawat tanaman itu dengan menyiraminya setiap hari kalau perlu kita beri pupuk agar tercitanya pemandangan yang bersih, sehat dan segar. Selain itu, manfaat dari kita menanami tanaman itu, kita juga akan terhindar bahaya dari polusi udara sekitar. Apalagi kesehatan itu sangat berharga, maka dari itu kita harus menjaga lingkungan kita agar terhindar dari segala kuman, virus, dan bakteri. Dengan terciptanya lingkungan yang bersih, kita akan sehat dan lingkungan kita tidak akan mengalami krisis lingkungan seperti bencana alam. Mari, kita bersama- sama menjaga dan merawat lingkungan kita dari sekarang ! ! ! 